A Good Conductor (Dirigen = Pemimpin Paduan Suara)

Dirigen = Pemimpin Paduan Suara
Menjadi seorang dirigen seringkali dianggap sebagi seorang pemimpin paduan suara, mengapa ?
Karena dia tidak hanya bertugas untuk menjadi dirigen yang sekedar memberikan aba-aba dalam suatu paduan suara, tetapi peranannya penting bagi kelompok tersebut.
Bagaimana kepemimpinan seorang dirigen terlihat dari awal dia memimpin paduan suara, melatih lagu, menyatukan tiap suara, waktu latihan yang berulang ulang, hingga saat mereka menampilkan lagu yang telah mereka latih selama ini.
Seorang dirigen yang baik seharusnya memahami dan mengikuti tiap proses paduan suara itu dari awal hingga mereka tampil. Kehadirannya sangat diperlukan bagi keberhasilan suatu performa. Yang saya maksud disini bukan disaat tampil saja, tetapi disetiap prose.
Kenapa saya menekankan hal ini ? Karena hal ini saya temui di paduan suara terbaru saya
Saya merasa cukup kecewa ketika pelatih paduan suara kami seringkali tidak hadir di sela latihan latihan terakhir pelayanan kami di gereja, padahal latihan tersebut dilakukan dengan seluruh pemusik.
Latihan bersama pemusik juga memiliki peranan penting agar terjadi kesinambungan antara pemusik dan paduan suara, karena kami tidak bisa jalan masing-masing. Nah, peran pemimpin paduan suara (dalam hal ini pelatih kami) seharusnya hadir dan memahami tiap angle,point,revisi, apapun yang mendukung keberlangsungan suatu penampilan, terlebih lagi dalam pelayanan gerejawi
Seorang pemimpin tidak bisa menitipkan kepada salah satu anggota untuk mencatatkan perubahan atau point-point apa yang akan terjadi antara pemusik dan paduan suara. Dia harusnya turut hadir dan memahami sendiri.
Sebisa mungkin dilatihan terakhir, kehadirannya dibutuhkan
Pemimpin/dirigen/pelatih paduan suara tidak cukup hanya hadir diawal dan tengah-tengah kemudian disaat tampil saja, tetapi hendaklah ia hadir disetiap prosesnya, sehingga ia – sebagai pemimpin, memahami dan mampu memberikan support baik bagi keberhasilan suatu pelayanan.
There are no bad choir,but there is bad coach, dont be one of them

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: