10 Tips Menjaga Suara dlm Keadaan Prima – Bagi Penyanyi

Sebagai seorang penyanyi, penting untuk menjaga stamina terutama stamina suara

Merupakan mimpi buruk bagi seorang penyanyi apabila dia mengalami gangguan suara saat menyanyi,bahkan hingga kehilangan suara.

Saya menemukan beberapa tips, yang juga saya cari dan praktekkan dalam kehidupan saya, untuk menjaga suara agar selalu dalam keadaan prima. Apa saja tips tersebut ?

1. Pemanasan suara anda secara teratur. Dianjurkan untuk melakukan pemanasan yang mudah, terutama untuk audisi dan pertunjukan (sama halnya seperti seorang perenang melakukan pemanasan sebelum bertanding). Lebih baik lagi, mengambil pendekatan musik klasik : melakukan pemanasan dengan tangga nada yang menurun atau meningkat, staccato serta mengkontrol intensitas volume suara

2. Jangan Merokok. Merokok dapat mempengaruhi pita suara anda sehingga menjadi iritasi dan membengkak. Tentu hal ini menjadi salah satu mimpi buruk untuk para penyanyi, bukan ?

3. Minum sampai 8-10 gelas air putih setiap harinya (tidak termasuk minuman berkafein). Air mampu mengencerkan lendir dan melumasi pita suara anda seperti minyak melumasi mesin mobil. Lendir yang tebal dapat menyebabkan gesekan dan trauma pada pita suara. Lebih banyak air,lebih sedikit gesekan, trauma berkurang, maka suara menjadi lebih baik.

4. Kembangkan suara berbicara anda untuk mendukung suara menyanyi anda. Anda 99% berbicara dan 1 % menyanyi. Suara berbicara yang buruk seringkali menyebabkan ketegangan vokal yang mempengaruhi suara menyanyi anda. Hal ini harus seimbang agar tidak terjadi ketegangan vokal

5. Suara anda butuh istirahat, sama seperti fisik kita lainnya. Jadi, carilah waktu tenang untuk suara anda tiap harinya

6. Tidur yang cukup, hal yang umum memang, tapi penting untuk dilakukan. Makin cukup waktu tidur yang anda peroleh, makin banyak energi yang akan didapat setelah bangun dan siap untuk melakukan kegiatan menyanyi (konser maupun pertunjukkan)

7. Gunakan mikrofon Anda. Tidak perlu untuk menyanyi ke bagian belakang ruangan. Biarkan mikrofon mengeraskan volume suara anda. Gunakan mikrofon untuk mencegah ketegangan suara anda.

8. Memiliki monitor yang baik. Anda perlu mendengar suara anda sendiri sebagai umpan balik vokal. Gunakan monitor lantai atau  telinga untuk menyadari seperti apa suara anda terdengar, seperti apa suara musik (band atau musik pengiring lainnya) terdengar. Mungkin saja anda bernyanyi terlalu keras dari yang anda butuhkan sehingga menegangkan suara anda.

9. Mengembangkan teknik bernyanyi yang baik. Adanya pelatihan vokal tidak akan mengubah gaya anda. Teknik ini akan memperkuat suara anda dan memungkinkan anda untuk menyanyi lebih lama, lebih keras,tanpa kelelahan. Pelatihan vokal akan membantu membuat anda menjadi seorang atlet vokal.

10. Yang paling penting, dengarkan suara anda. Seperti setiap atlet, anda akan menjadi yang pertama tahu jika masalah mulai. Jika suara anda sakit, mundurlah. Ubah pengaturan anda. Pilihlah lagu yang bisa dinyanyikan tanpa melelahkan suara anda.

Inilah beberapa tips bagi seorang penyanyi, agar dapat tampil prima selalu

Tidak ada penyanyi buruk, yang ada hanyalah teknik yang buruk…jelas teknik yang buruk akan mempengaruhi nyanyian anda

Semoga berguna

1 Comment (+add yours?)

  1. muhtadie
    Apr 04, 2014 @ 23:03:34

    terima kasih atas tipsnya sangat bermanfaat buat saya …

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: