Gospel Music

Musik Gospel makin dikenal luas dikalangan pencinta musik, tapi apa sebenarnya Musik Gospel itu?

Saya akan membagikan sedikit informasi mengenai Musik Gospel

Musik Gospel merupakan salah satu genre musik yang liriknya seringkali bersiat religius,khususnya Kristen. Musik ini dicirikan dengan vokal (baik solo maupun dalam choir) yang dominan dan seringkali menggunakan harmoni yang kuat. Penggunaan instrumen dalam musik gospel ini kebanyakan menggunakan Piano ataupun ditambah Organ Hammond,Drum, hingga Gitar Bass dan bahkan yang semakin banyak digunakan dalam musik gospel ini juga menggunakan Gitar Listrik.

Sedikit sejarah mengenai musik gospel. Menurut informasi, musik gospel diduga pertama kali muncul dari gereja-gereja Afro-Amerika di abad ke-20. Adanya perbedaan yang tajam antara Amerika yang berkulit hitam dan putih (khususnya gereja-gereja warga kulit hitam dan putih) yang menyebabkan kedua golongan ini terpisah. Dalam perkembangannya, para musisi Gospel ini tidak hanya membatasi diri membawakan musik gospel dalam konteks keagamaan saja, tetapi juga ke lingkup sekuler (non keagamaan). Contohnya Mahalia Jackson membatasi diri tampil membawakan musik ini hanya dalam konteks keagamaan, sedangkan musisi lain seperti misalnya Sister Rosetta Tharpe membawakan musik gospel mereka kedalam lingkungan sekuler.

Beberapa Genre Musik Gospel

Gospel Tradisional Kulit Hitam : musik ini berakar dalam lagu-lagu spiritual yang dinyanyikan oleh para budak di AS bag.selatan pada abad ke-18 dan 19 dalam bentuk devosi keagamaan yang menganjurkan masing-masing anggota gerejanya untuk memberikan ‘kesaksian’ dengan berbicara atau bernyanyi secara spontan tentang iman dan pengalaman mereka, terkadang sambil menari dalam ibadah.

Gospel Country : subgenre dari musik gospel yang bergaya country,dikenal juga dengan nama Country Kristen atau Country Inspirasional

Gospel Southern : atau bisa juga disebut country, para musisinya seperti The Speer Family,The Carter Family memperoleh popularitas mereka dalam musik ini melalui rekaman-rekaman dan pertunjukan-pertunjukan radio mereka (tahun 1920an – 1950an)

Gospel Selatan Progresif : sebuah subgenre gospel musik di Amerika yang muncul setelah popularitas Gospel Southern selama beberapa puluh tahun terakhir

Gospel Bluegrass : berakar dalam musik pegunungan di Amerika

Beberapa album Gospel yang layak jadi list album favorit anda

1. Jesus Precious King : Beverly Crawford

2. Live in Toronto : Hezekiah Walker & the Love Fellowship Crusade Choir

3.  Live in Washington : Yolanda Adams

4.It Remains to be Seen : Mississippi Mass Choir

5.  Everlasting Love : CeCe Winans

 

So, ini sedikit informasi untuk semua pencinta musik, jika ada tambahan informasi boleh ditambahkan

Kiranya bermanfaat

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: