Macam macam Demam Panggun dan bagaimana mengatasinya

Sringnya kita berlatih vokal maupun paduan suara, apabila tidak pernah ditampilkan didepan umum, tentulah kurang terasah baik skill maupun pengalaman.

akan tiba saatnya dimana kita menampilkan diri maupun kelompok kita melalui lagu maupun musik yang telah kita latih sebelumnya.

tetapi ada kala (seringkali bagi yang baru pertama kali tampil) demam panggung dialami oleh setiap individu yang akan tampil di depan umum.

macam-macam demam panggung yang kerap dialami, dan bagaimana mengatasinya, akan saya jabarkan sebagai berikut:

1. Perubahan wajah

kadang ketika seseorang berada dihadapan orang banyak, hatinya jadi kecut,berdebar, malu,maupun takut. hal ini terlihat dengan perubahan wajah seperti cemberut,pucat,maupun memerah hingga tidak sanggup menghadapi orang banyak dihadapannya

cara mengatasinya, terlebih dulu lawan perubahan tersebut, berikan kekuatan dalam diri dan cerahkan wajah anda, sehingga kecerahan itu mempengaruhi diri anda. buatlah wajah tersenyum, lama kelamaan dari dalam diri akan berpengaruh sehingga rasa kecut, takut itu berangsur angsur menghilang

 

2. perubahan pernafasan

bisa dikarenakan adanya perubahan wajah diawal tadi. frekuensi pernafasan melambat ataupun menjadi lebih cepat dari pernafasan normal. hal ini bisa mempengaruhi mutu penampilan suara nada.

cara mengatasinya, hirup udara sebanyak banyaknya secara perlahan, kemudian tahan sekitar 2 detik. kemudian keluarkan nafas melalui mulutsecara perlahan dan tidak kentara. lakukan satu atau dua kali untuk sekadar menguasai pernafasan.

 

3. semangat

terkadang ketika kita tampil di hadapan banyak orang akan mempengaruhi mood (semangat) kita. perubahan mood ini mempengaruhi mutu penampilan kita juga.

cara mengatasinya, sewaktu menghirup udara, gunakan kesempatan tersebut untuk berkonsentrasi dan berdoa dalam hati hingga semangat pun muncul kembali

 

4. daya ingat

perubahan-perubahan diatas sebelumnya sedikit banyak mempengaruhi daya ingat kita. karena demam panggung yang dialami, dapat berakibat lupa teknik,metode, ataupun musik dan lirik yang telah dipelajari sebelumnya.

cara mengatasinya, sambil berkonsentrasi, usahakan mengingat ingat semua yang telah dilatih sambil menunggu aba-aba / perintah attackĀ  oleh pemimpin (termasuk dirigen, dalam paduan suara)

 

5. Attack

berkesinambungan dengan berbagai jenis demam panggung diatas, permulaan tampilan kita (attack) bisa berantakan sehingga hasilnya tidak seperti yang kita harapkan.

cara mengatasinya, semua tingkah demam panggung diatas terjadi sebelum pemimpin (dirigent) berdiri di hadapan paduan suara (pemusik). apabila dirigent siap untuk memulai tugasnya, paduan suara pun sudah siap secara teknis dan mental untuk memulai attack.

 

serangkaian perilaku demam panggung diatas tidak akan berlangsung lama, apabila kita sering tampil di hadapan orang banyak. jadi jangan ragu untuk menampilkan musik maupun lagu yang telah kita pelajari selama ini.

 

semoga bermanfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: