Jenis Suara Manusia

jenis suara soprano,alto,tenor, dan bass,memiliki sifat masing-masing dan karakter yang berbeda….

Soprano adalah jenis suara perempuan yang berambitus (range) tertinggi, secara kasar berambitus dari nada C1 sampai nada C3. Tapi dengan latihan-latihan khusus, ambitusnya dapat lebih besar lagi.  Sopran berkarakter enerjik dan primadona.

Alto adalah jenis suara perempuan paling rendah (F sampai D2). Alto bisa berkarakter berat. Suara alto harus berat,dalam, dan berwibawa.

Tenor adalah suara laki-laki yang berambitus paling tinggi. Suara tenor berada satu oktaf dibawah suara sopran (B sampai G1), tetapi dengan latihan-latihan khusus dapat lebih ditingkatkan ke ambitus yang lebih besar. Karakter tenor ialah berwatak bertenaga dan jantan (powerful)

Bass adalah suara laki-laki berambitus paling rendah (E sampai C1). Sifat dan karakter dari bass yang bersuara sangat rendah,besar. dan dalam dapat mengimbangi kewibawaan suara alto.

Dan dalam paduan suara nantinya, suara-suara ini haruslah mencapai suatu choral voice yakni bunyi serempak dari banyak anggota paduan suara dengan berbagai jenis suara tersebut. Untuk mencapainya,syarat yang harus dilatih antara lain:

Warna vokal yang disuarakan harus sama

Jangan ada penonjolan warna suara perorangan

thats some information for you all….

Advertisements

19 thoughts on “Jenis Suara Manusia

    • Thanx for the comment,sopran itu suara dgn range suara tinggi utk wanita,keras lembutnya suara adalah bagian dari dinamikanya,yg lebih penting dikategorikan kedalam sopran adalah jangkauan suara seorang wanita pada nada nada atas

  1. klw suara yang melengking seperti musik helloween dan steelheart itu masuknya di apa, trus klw ngambil nada dasar bagusnya dimana?, oia cara melatihnya kyk gimana biar sama dengan mod

  2. hai,,,, aku masih bingung aku termasuk yg mana??? mungkin suaraku sopran…. kamu tau sarah brightman ga? suaraku bisanyampe pas klo nyanyi lagu “music of the night” dari musikal The phantom of the opera… malah bisa lebih… cara melatih biar bisa nambah range gimana ya?? cz suara tertinggiku cuma beda 2 nada dengan suara tertinggi putri ayu wktu nyanyi lagunya kristin chenoweth.. pengin kaya putri ayu suaraku.

    • HI little voice, thanks for the comment
      selama ini kamu rajin warm up voice ga? karena range kita bisa tinggi or rendah, tergantung dari teknik pernafasan kita
      kamu bisa googling teknik2 pernafasan yang tepat seperti apa (sepertinya aku pernah posting ttg teknik pernafasan)
      tapi, even kamu nggak seperti Putri Ayu, its OK, just be you
      Yang penting you do the right technique for singing

  3. Hii.. I’m a swiftie ( taylor swift’s fans ) i very want have voice like Taylor tapi suara aku berat dan suara aku dengan Taylor berbeda banget, bisa gk yaah aku punya suara kaya Taylor Swift??

    • hi edi, terima kasih utk commentnya, jika kamu merasa suara kamu spt cewek, mungkin suara kamu masuk ke suara Tenor, tidak perlu minder dengan suara kamu,dan juga tidak perlu dirubah. Yang perlu kamu lakukan adalah mengasah kemampuan vokal kamu agar lebih in tune (tidak fals dgn nada), pokoknya jgn minder dgn suara kamu. tks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s