Bernyanyi dengan Mata,bukan hanya dengan Telinga

Tekanan yang berlebihan kadang-kadang diberikan untuk “bisa bernyanyi dengan benar” pada pandangan pertama. tentu saja, hal ini suatu kebolehan yang sangat didambakan, tetapi secara praktis jarang sekali mungkin untuk kita semua menguasainya. Apa yang sesungguhnya penting ialah bahwa para penyanyi harus dapat membaca secara tepat bukan pada pandangan pertamanya tetapi setelah ia membacanya untuk kedua atau ketiga kalinya.

Tentu bila waktu memungkinkan bukanlah tidak berguna bila para penyanyi dapat diajarkan dasar-dasar musik dengan cara yang lebih mendalam dan ilmiah. Namun jumlah pelajarannya yang diusulkan supaya hanya cukup untuk dapat menjadi penolong praktis dan dapat dibagi-bagikan dalma waktu yang singkat.

Tujuan utama dalam pengajaran ini adalah agar para penyanyi selalu mengikuti musik dengan mata mereka dan jangan hanya mempercayai telinga mereka. Mereka harus selalu mencoba melihat bagaimana rupanya musik yang mereka sedang nyanyikan,khususnya jika musik itu mereka kenal. Maka tidak lama lagi mereka akan dapat mengenal bunyi dari apa yang mereka lihat dan baca.

Semoga bermanfaat…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: