Teori dan Praktek

Pelajaran membaca not harus selalu harus disertai, sebenarnya sih didahului oleh eksperimen praktis.

Beberapa pimpinan Paduan Suara membuat suatu kesalahan dalam berpikir bahwa cukuplah bagi mereka untuk mengajarkan tanda-tanda dan peraturan-peraturan tertentu. Namun yang jauh lebih penting adalah menyaksikan penggunaan praktis dari nada-nada dan tanda -tanda itu dimengerti penyanyi.

Seseorang mungkin mengetahui dasar-dasar musik dan tidak berpengetahuan menyanyi dengan membaca nada ; setiap tahap pelajaran harus dihubungkan dengan beberapa penggunaan praktis dari pengetahuan yang telah diperolehnya. Orang mudah sekali bosan dengan belajar beberapa tanda-tanda dan nama-nama, dan merupakan tugas pimpinan Paduan Suara untuk menjembatani jurang antara teori dan praktek.

Misalkan dalam pengajaran ketukan ; sangatlah¬† baik untuk menyajikan suatu karya musik di hadapan para penyanyi dan menyuruh mereka menyanyikan nilai not saja untuk satu not, tanpa menghiraukan melodinya. Dengan mengkonsentrasikan perhatian mereka pada masalah yang sebenarnya, mereka akan membuat kemajuan dengan lebih pesat daripada bila kita mencoba bermacam-macam hal pada waktu yang sama…

semoga bermanfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: